Social Icons

Tuesday, June 4, 2013

RPP IPA Kelas 5 - Tumbuhan Hijau

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas V Semester I
Materi : Tumbuhan Hijau

Disusun untuk melengkapi tugas
mata kuliah Komputer dan Media Pembelajaran ( IDIK4010 )


Oleh :



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok               : Tumbuhan Hijau
Kelas / Semester          : V / I
Waktu                          : 2 x 35 menit  (1 x Pertemuan)
                                 Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar

A.    Standar Kompetensi
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

B.   Kompetensi Dasar
2.2. Mendeskripsikan  ketergantungan  manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan

C.  Indikator
1.           Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan manusia dan hewan untuk makanannya.
2.           Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.

D. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengerti bagaimana proses fotosintesis.
2.      Siswa mengetahui asal sumber energi manusia dan hewan.
3.      Siswa dapat menyebutkan  manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.

E.  Materi Pelajaran
Tumbuhan Hijau
Fotosintesis berlangsung di bagian daun. Namun proses ini terkadang juga  terjadi di bagian lain yang mengandung klorofil. Klorofil merupakan zat warna hijau pada tumbuhan. Klorofil berfungsi untuk menyerap energi cahaya matahari.
Fotosintesis memerlukan cahaya matahari, klorofil, air, dan karbon dioksida. Air diserap oleh akar dari dalam tanah. Air dari akar menuju daun. Karbon dioksida diserap dari udara oleh daun melalui mulut daun atau stomata. Melalui fotosintesis, air dan karbon dioksida kemudian diubah menjadi karbohidrat dan oksigen dengan bantuan energi cahaya matahari. Apabila energi cahaya matahari tidak ada, energi cahaya yang lain dapat menggantikannya. Misalnya cahaya lampu neon. Oleh karena itu, fotosintesis dapat terjadi pada siang maupun malam hari. Reaksi fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut.


 


Telah dijelaskan dalam materi sebelumnya bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. Selain digunakan oleh tumbuhan, sebagian oksigen dilepaskan ke udara di lingkungan sekitarnya. Oksigen dihirup oleh manusia dan hewan pada saat bernapas. Tanpa tumbuhan hijau, oksigen lama-kelamaan akan habis jika digunakan terus oleh manusia dan hewan. Namun, tumbuhan selalu menyediakan oksigen di alam. Jadi, manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan hijau agar oksigen tetap tersedia di alam. Tumbuhan hijau juga merupakan sumber energi bagi manusia. Sebagian besar bahan makanan kita berasal dari tumbuhan.
Bagian tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan makanan sebagai berikut.
1. Akar, contohnya wortel, lobak, dan singkong (ketela pohon).
2. Batang, contohnya tebu dan sagu.
3. Daun, contohnya bayam dan daun kol.
4. Bunga, contohnya kembang kol dan brokoli.
5. Buah, contohnya jeruk dan pisang.
6. Biji, contohnya kacang tanah dan kacang kedelai.
7. Tunas, contohnya rebung (tunas bambu) dan asparagus.
Selain manusia, hewan juga memperoleh sumber energi dari tumbuhan hijau. Hewan herbivora (hewan pemakan tumbuhan) bergantung secara langsung kepada tumbuhan. Apabila tidak ada tumbuhan, jenis-jenis hewan tersebut akan mati kelaparan. Akibatnya, jumlah jenis-jenis hewan herbivora akan semakin berkurang. Peristiwa ini akan menyebabkan hewan-hewan karnivora (hewan pemakan daging) menjadi kekurangan bahan makanan. Jadi, hewan-hewan karnivora secara tidak langsung juga bergantung kepada tumbuhan.

 
F. Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Penugasan
3.      Diskusi
4.      Tanya Jawab

G.  Alat, Media dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga               :    Diagram proses fotosintesis
2. Media                        :    Slide sow power point
3. Sumber bahan           :    - IPA Saling Temas halaman 38-42. BSE
- SAIN SD/MI Kelas V
                                           - Alamku IPA Kelas V

H.   Langkah Kegiatan                                                                                                
1.      Kegiatan Awal (15 menit)
a.       Guru mengecek kehadiran siswa.
b.      Membangkitkan perhatian siswa.
c.       Menumbuhkan sikap kesiapan siswa (readynes).
d.      Mempersiapkan media dan sarana pembelajaran.
e.       Acuan.
Menyampaikan tujuan dan narasi proses pembelajaran supaya siswa dapat :
1)      Membayangkan bagian tumbuhan yang dimakan manusia dan hewan.
2)      Mengumpulkan data berbagai bagian tumbuhan yang dimakan manusia dan hewan.
3)       Mendiskripsikan pendapatnya mengenai pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
f.       Kaitan (apersepsi).
Menanyakan materi yang sebelumnya telah dibahas.
Pertanyaan : -    Mengapa kita lemas jika tidak makan?
g.      Tes Awal
Menanyakan materi yang akan dibahas.
Pertanyaan : Sebutkan bagian tumbuhan yang dapat dijadikan bahan makanan?



2.      Kegiatan Inti ( 45 menit)
a.       Secara klasikal siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru tentang tumbuhan hijau.
b.      Secara klasikal siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru tentang kenapa kita memerlukan tumbuhan hijau.
c.       Secara klasikal siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru, tentang mengapa tumbuhan hijau ditanam.
d.      Secara klasikal siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru apa-apa saja manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.
e.       Secara klasikal siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru tentang peranan tumbuhan hijau.
f.       Secar klasikal siswa memperhatikan penjelasan singkat oleh guru tentang bagaimana tumbuhan membuat makanannya sendiri.
g.      Secara klasikal siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru tentang apa yang dimaksud fotosistesis.
h.      Secara kelompok siswa melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, adakah tumbuhan hijau yang hidup disekitarnya.
i.        Secara klasikal guru memberikan panduan kerja kelompok dan membagi kelas menjadi 3 kelompok, yaitu:
1.      Kelompok I
Mendiskusikan bagaimana jika tumbuhan hijau di dunia ini punah?
2.      Kelompok II
Mengidentifikasikan Manfaat Tumbuhan Hijau Bagi Manusia dan Hewan!
3.      Kelompok III
Menjelaskan proses terjadinya Fotosintesis!

3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit)
1.  Siswa bersama guru menyimpulkan materi.
2.  Guru menyampaikan  kaitan dan deskripsi pengetahuan akan materi pada pertemuan berikutnya agar siswa lebih siap dan ada rasa ketertarikan (coriusity) pada pertemuan berikutnya.





I.  Evaluasi
1. Prosedur Penilaian
1. Tes Awal                 : Ada
2. Tes Proses               : Ada
3. Tes Akhir                : Ada
2. Jenis Tes        : Tertulis dan lisan
3. Bentuk Tes    : I. Pilihan Ganda
 II. Uraian

J. Tindak Lanjut
Bilamana hasil tes akhir tidak mencapai target, maka perlu diadakan remedial untuk siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM dan memberikan pengayaan pada siswa yang memperoleh nilai di atas KKM.


LEMBAR EVALUASI

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang kamu anggap paling benar!
1. Apa yang akan terjadi jika semua tumbuhan hijau didunia punah?
a. hewan herbivora akan mati
b. hewan karnivora akan mati
c. hewan omnivore akan mati
d. seluruh makhluk hidup akan mati
2. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dinamakan ….
a. Klorofil
b. Fotosintesis
c. Foto plasma
d. Karbohidrat
3. Proses fotosintesis terutama terjadi di bagian . . . .
a. akar
b. batang
c. daun
d. bunga
4. Kentang menyimpan makanan cadangannya di bagian . . . .
a. akar
b. batang
c. daun
d. buah
5. Klorofil pada tumbuhan hijau berfungsi untuk . . . .
a. sumber tenaga
b. menyerap air
c. menyerap energi cahaya matahari
d. menghasilkan oksigen
II. Uraian
1.   Apa yang dimaksud dengan proses fotosintesis itu?
2.  Sebutkan dimana saja tumbuhan hijau menyimpan cadangan makanannya!
3.  Sebutkan 3 manfaat tumbuhan hijau bagi:
a. Manusia
b. Hewan


Kunci Jawaban
I.     1. D
2. B
3. C
4. A
5. C

II.   1. Proses Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan. Yang berlangsung pada daun dan terjadi pada siang hari, karena proses fotosintesis memerlukan energy cahaya matahari. Bisa juga malam hari asal ada cahaya yang menyinari tumbuhan tersebut.
2. Tumbuhan hijau menyimpan cadangan makanannya pada akar, batang, daun dan buah.
3.   a. Bagi manusia :
-     Sebagai Penghasil O­­2
-     Sebagai Sumber energi (Makanan)
-     Sebagai Penyerap CO2
b. Bagi hewan
-      Sebagai sumber energi (Makanan)
-      Sebagai tempat hidup
-      Sebagai penghasil O2­

Kriteria Penilaian
I. Skor  : 1 X 5           = 5
II. Skor : 3 X 5           = 15
Skor Maksimal              20

Nilai = Jumlah perolehan skor X 100      
                   Skor maksimal




Pengesahan

1 comment:

saran dan kritik dari anda sangat kami harapkan

 

Sample text

Blogger news

Sample Text

Blogroll

Sample Text

About

http://www.facebook.com/m.g.trueblue